Rumah IPA

Just another WordPress.com weblog

PERUBAHAN WUJUD BENDA Desember 3, 2009

Filed under: materi IPA — clubipa @ 3:44 am

1. Perubahan wujud benda padat menjadi cair

Pernahkah kamu membuat teh manis? atau minum es? nah, dua peristiwa itu sebenarnya adalah contoh perubahan wujud benda padat menjadi cair. gula yang padat ketika dicampurkan ke dalam air teh akan larut atau mencair dan menjadi satu dengan air teh. begitu juga dengan es, mula-mula es terlihat berbongkah-bongkah padat, namun lama kelamaan es itu akan beruah menjadi cair.

2. Perubahan wujud benda cair menjadi gas

Perhatikanlah ketika ibu memasak air! Setelah air itu mendidih, kamu akan melihat ada asap putih yang keluar dari bejana atau tempat memasak air itu. Asap itu adalah uap yang berasal dari air. Jika air itu dimasak terlalu lama, maka yang terjadi adalah air tersebut akan kering karena berubah menjadi uap. Inilah contoh perubahan wujud benda cair menjadi gas.

3. Perubahan wujud benda cair menjadi padat

Kamu mungkin pernah memasukkan air ke dalam freezer. Setelah beberapa jam, maka akan kamu dapati air itu berubah menjadi es batu. inilah contoh perubahan wujud benda cair menjadi padat.

4. Perubahan wujud benda padat menjadi gas

Apakah kamu memiliki lemari pakaian sendiri? Bagaimana caranya agar lemari pakaianmu tidak dimasuki kecoak? Biasanya, ibumu menyimpan kapur barus ke dalam lemari. Kapur barus yang disimpan di dalam lemari biasanya berwujud padat. Jika dibiarkan, lamakelamaan kapur barus itu mengecil dan akhirnya habis. Kapur barus tersebut mengecil karena berubah menjadi gas. Perubahan wujud padat ke wujud gas disebut menyublim.
Kapur barus merupakan benda padat yang mengeluarkan aroma. Aroma tersebut dapat menghilangkan bau apek dan tidak disukai oleh kecoak. Oleh karena itu, untuk mencegah kecoak masuk ke dalam lemari pakaian, kamu dapat meletakkan kapur barus di dalam lemari.

5. Perubahan wujud benda gas menjadi cair

Lihatlah ketika ibumu menyajikan kopi panas dalam gelas tertutup untuk ayahmu. Bukalah tutup gelas itu. kamu akan mendapati butir-butir air dalam tutup gelas tadi. Dari manakah asal butiran-butiran air tersebut? Butiran air tersebut berasal dari uap air yang naik menyentuh tutup gelas. Tutup gelas itu bersuhu lebih dibandingkan dengan suhu air kopi dalam gelas. Uap air yang panas apabila didinginkan, akan berubah menjadi wujud cair kembali. Perubahan air dari wujud gas ke wujud cair disebut proses pengembunan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s